5 Latihan Mudah Menjelang Persiapan Persalinan Normal

5 Latihan Mudah Menjelang Persiapan Persalinan Normal

Menghadapi proses melahirkan normal memang membutuhkan persiapan fisik. Pasalnya melahirkan normal membutuhkan cukup menguras tenaga sehingga membutuhkan tenaga dan stamina yang kuat. Ternyata ada beberapa latihan mudah persiapan persalinan normal yang bisa Anda lakukan. Berikut beberapa latihan yang bisa Anda lakukan menjelang persalinan.

  1. Latihan Pernafasan

Selama persalinan hal terpenting yang harus dilakukan adalah mengatur pernafasan dengan baik. Oleh sebab itu jika ingin persalinan berjalan dengan lancar segera lakukan latihan pernafasan sesering mungkin. mulailah latihan pernafasan dengan berbaring, berdiri, dan divariasikan dengan gerakan tangan dan kaki. Lakukan secara rutin agar Anda siap menghadapi proses persalinan.

  • Perkuat Otot Panggul dan Paha

Latihan persiapan persalinan normal yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memperkuat otot panggul dan paha. Dua otot tersebut mempunyai peranan yang sangat penting selama proses bersalin. Lalukan latihan ini dengan cara jongkok kemudian gerakan lutut dan paha secara perlahan. Latihan ini juga dapat membantu bayi agar berada di jalan lahir.

  • Latihan Kagel

Latihan kagel merupakan latihan yang bermanfaat untuk memperkuat otot pada daerah kewanitaan. Latihan ini dapat membantu otot agar siap menjalani persalinan sekaligus mencegah terjadinya wasir dan terjadinya robekan. Caranya cukup mudah Anda hanya perlu duduk kemudian tarik area otot kewanitaan, tahan beberapa detik kemudian lepaskan.

  • Senam Punggung dan Kaki

Tak hanya panggul saja, bagian punggung juga perlu diperkuat menjelang proses persalinan. Mendekati proses persalinan biasanya panggul ibu hamil akan nyeri karena menahan beban. Latihan punggung dan kaki ini dapat dilakukan dengan cara letakkan tubuh Anda dalam posisi merangkak, bertumpu pada siku dan lutut kemudian tarik otot bokong dan lepaskan.

  • Mini Sit Up

Jangan terlalu memaksakan untuk melakukan sit up normal selama masa kehamilan. Akan tetapi Anda juga bisa melakukan gerakan sit up yang minimalis dan tidak terlalu menekan perut. Ternyata dengan melakukan gerakan mini sit up selama masa kehamilan ini dapat membantu menurunkan risiko terjadinya tegang pada bagian punggung sekaligus mengenangkan perut.

Cara melakukan latihan mini sit up ini tergolong mudah dan sederhana. Anda hanya cukup berbaring dengan posisi telentang dan ganjal bagian bawah panggul menggunakan bantal. Kemudian pastikan telapak kaki menyentuh lantai dan tekuk lutut Anda. Kemudian lakukan gerakan sit up pada umumnya dan hembuskan napas perlahan dan angkat kepala dan bahu saja.

Ketika melakukan latihan yang satu ini jangan pernah mencoba untuk meraih lutut Anda dengan kepala. Anda hanya perlu meraihnya dengan menggunakan tangan saja kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan latihan ini secara berulang.

Itulah beberapa persiapan persalinan normal yang bisa anda lakukan. Latihan-latihan di atas dapat Anda lakukan sejak kehamilan menginjak usia 30 minggu. Pastikan Anda mempersiapkan latihan-latihan di atas agar proses persalinan normal dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan.